Berbagai cara dilakukan rakyat Arab merespon “sepatu terbang” yang dilemparkan ke George W Bush. Bekas sepatu itu, harganya 1 juta dolar

Hidayatullah.com–Berita berbagi macam reaksi rakyat timur tengah, pasca pelemparan sepatu seorang wartawan TV Iraq kepada Presiden Amerika Serikat (AS), George W Bush menghiasi berbagai kabar di mediabush-shoe-protest-cp-598343 massa Timur Tengah. Rata-rata para penduduk Arab “bangga” mendengar berita itu.

Al Mafkarah Al Islam (15/12) melansir bahwa di Timur Tengah beredar berbagai macam SMS. Diantaranya: Berita Hangat: Amerika Melarang Wartawan Pakai Sepatu, Ketika Konferensi Pers“. Ada pula SMS yang berbunyi, “Iklan Toko Sepatu: Sepatu Kami Asli, yang Pernah Dilemparkan kepada Bush“. Ada pula SMS yang beredar isinya, “FBI dan CIA Akan Hancurkan Seluruh Toko Sepatu Timteng, Sebelum Kunjungan Presiden Mereka!”

Lain pula yang dilakukan oleh para wartawan Palestina, setelah mereka mendengar kabar “sepatu terbang” mereka membagi-bagikan buah-buahan, guna merayakan “kajadian penting” tersebut.

Adapula seorang laki-laki Saudi yang menawar sepatu itu, dengan nilai 1 juta dolar. Laki laki yang bernama Hasan Muhammad itu, menyatakan kepada Al Alarabiya, bahwa ia menilai bahwa itu sepatu, akan tetapi cinderamata simbol kebebasan. Bahkan warga kampungnya berani ikut serta membantu jika harganya lebih dari 1 juta dollar.

Tidak hanya itu, Haiah Ulama Al Muslimin di Iraq juga ikut berbicara. Lewat keterangan pers yang dipublikasikan, Haiah mengatakan bahwa rakyat Iraq masih mendukung perlawanan. Pihaknya juga mengatakan bahwa apa yang dilakukan wartawan TV Iraq Muntadhar Zubaidi, tidak disebabkan oleh orientasi politik, akan tetapi apa yang telah dilakukannya merupakan murni atas dorongan fitrah. [tho/arb/almf/www.hidayatullah.com]